Cara Sharing Printer untuk Windows 7/8/10 secara Lengkap

Cara Sharing Printer untuk Windows

Hello sobat omah-downloads di manapun sobat berada. Kita tentu dulu mendengar yg namanya share printer? Sharing printer merupakan cara bikin mengintegrasikan satu printer bersama dengan beberapa PC dalam 1 jaringan. Dengan share printer, maka Sobat bisa menghemat banyak sekali pengeluaran karena tak mesti sediakan 1 printer bikin masing-masing pc dan juga akan berhemat, kalau toh  saat sobat akan mencetak tanpa adanya sharing pinter mesti harus kesana-kemari bikin mencetak dokumen sehingga waktu kurang efektif serta lebih rumit karena harus ganti dengan yang lain.

Sobat bisa melalukan share printer via LAN ataupun Wifi. Yang mesti  sobat amati ialah tiap-tiap PC yang membuka memanfaatkan printer secara bersama - sama. Yang jelas dengan adanya sharing printer bisa untuk memusatkan dalam mencetak suatu dokumen.

Cara share printer ini dia bisa sobat laksanakan di sebagian OS seperti windows 7, 8 & 10. Ini karena langkah-langkahnya tak jauh beda antar satu dengan yang lain.

Untuk lebih jelasnya tentang cara share printer bersama pc lain. Berikut ini penjelasannya.

Baca pula artikel lainnya: servis laptop mati total

Cara Sharing Printer

1. Untuk bisa laksanakan share printer, tentu kita lebih-lebih dahulu haruslah mengaktifkan File plus printer sharing, Yaitu memanfaatkan cara membuka Control Panel lebih-lebih dahulu, selanjutnya menentukan Network plus Internet.

2. Setelah Network plus Internet terbuka, sobat menentukan Network plus Sharing Center.
Tiga. Kemudian sobat klik Change advanced share settings.

4. Untuk share file atau printer, klik goresan pena Turn on file plus printer sharing. Dengan sobat mengaktifkan fitur tersebut, maka pengguna yg lain bisa membuka file atau printer yang sudah sobat sharing.

5. Langkah yang kelima ini cuma opsional, bisa dilakukan maupun nir. Jadi misalkan PC Sobat laksanakan share printer, dan PC Sobat ini pula Sobat beri password login. Maka siapa saja yg ingin membuka printer yg sudah disharing oleh PC Sobat mesti  memasukkan password Sobat lebih-lebih dahulu. Kalau Sobat ingin menonaktifkan fitur yang satu ini, silakan menentukan All Networks.

6. Kemudian pilihlah Turn off password protected sharing. Dengan cara ini, maka tiap-tiap pc atau PC yang hendak membuka printer yg sudah dibagikan sang PC Sobat tidak mesti kembali bikin memasukkan password.

7. Setelah sudah mengaktifkan File plus printer sharing, maka kini   Sobat bisa laksanakan share printer. Selanjutnya Sobat membuka Control Panel selanjutnya pada kategori Hardware plus Sound, klik View Devices plus Printers.

8. Setelah itu, klik kanan pada salah  satu printer yang akan disharing dan selanjutnya menentukan See what’s printing. Disini aku akan Mengenakan printer memanfaatkan jenis Canon iP2700 Series.

9. Klik hidangan Printer > Sharing.

10. Dijendela Properties, bukalah tab Sharing selanjutnya tekan tombol Change Sharing Options agar fitur sharingnya aktif.

11. Centang  pada tulisan Share this printer setelah itu  masukkan nama printer yang akan Sobat sharing. Usahakan namanya singkat serta mudah di ingat. Sebagai  contoh Canon iP2700 series atau Canon iP3800. Lalu klik OK.

Sekarang printer Sobat sudah bisa disharing dan bisa digunakan pada personal pc  lain yg sudah membuka dalam satu jaringan. Berikut adalah cara untuk membuka printer yang sudah disharing tersebut di pc lain.

1. Sobat bisa membuka printer tadi lewat Windows Explorer. Ketikkan IP address di PC yang laksanakan share di address bar yang mana IP address Sobat mengatur bersama jaringannya masing-masing. Contoh format penulisannya : 128.169.64.1.

2. Nah, kemudian akan tampil apa saja yg sudah disharing sang PC tadi yang mana galat satunya yaitu printer tadi. Lakukan Klik kanan pada printer kemudian menentukan Connect. Tunggulah hingga proses Connecting terselesaikan.

3. Saat ini, Sobat sudah bisa mencetak dokumen memanfaatkan memanfaatkan printer yg sudah pada-sharing tersebut. Jangan lupa, saat akan mencetak dokumen, menentukan nama printer tersebut. Sobat bisa mengetahui printer tersebut bersama cara menyaksikan IP address yang terkandung disampingnya.

Demikian penjelasan  kali ini bagaimana cara share printer pada windows 7/8/9. Semoga Bermanfaat.