cara mengatasi laptop hidup sebentar mati lagi

cara mengatasi laptop hidup sebentar mati lagi, tegangan regulator
Hello sobat semua kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi laptop hidup sebentar mati lagi. Mungkin sobat semua pernah mengalami hal tersebut.

OK. sebelum saya lanjutkan tentang masalah tersebut, sobat semua perlu mengetahui dulu hal - hal yang harus di perhatikan berikut ini.

cara mengatasi laptop hidup sebentar mati lagi

Gambar tersebut diatas bagai mana catu daya bisa bekerja. sebelum sobat memonis kerusakannya di bagian regulator coba cek dulu bagian catu daya apakah ada tegangaan 19v, 5v,1.5v,1.8v sama 1.05v kalaupun dari salah satu tidak ada berarti IC regulator tidak bekerja.

Nah dari situ sobat coba ganti IC regulatornya, tanda pada bagian IC adalah U. silahkan sobat ganti pada IC tersebut. untuk menganti IC tersebut biasanya kaki IC terletak pada bagian bawah komponen. Dalam pengantianya harus ekstra hati -  hati jangan sampai salah. Di IC tersebut ada tanda bulatan pada atas komponen itu menunjukan kaki nomor 1.

Untuk pengantianya saya sarankan sobat untuk mengunakan soldir uap atau kata lain dengan soldir blower. Sebab kalau mengunakan soldir biasa agak kesulitan bahkan tidak bisa. 

Trus agar cepat merekatnya timah soldir sobat bisa kasih pasta flux pada PCB yang akan di pasangkan IC tersebut. Agar cepat merekat antara timah dan kaki IC sobat bisa sedikit di bersihkan dulu kaki IC tersebut dengan cuter atau bisa juga di gosokkan pada amplas halus agar kaki mudah merekat.

kalau di rasa sudah merekat, dan coba cek kaki IC dengan kaca pembesar kaki dah gak ada yang tersambung dengan kaki lain, berarti sobat sudah bisa menyoldir dengan benar.

Nah sebelum sobat coba hidupkan di pastikan dulu IC dalam keadaan dingin supaya tidak terjadi short lagi pada komponen tersebut.

Kalau dah di rasa cukup coba sobat hidupkan laptop tersebut dalam keadaan tanpa casing dulu supaya kalau belum normal sobat bisa coba soldir ulang lagi.

Setelah di hidupkan laptop tersebut normal berarti kerusakan benar - benar terjadi pada IC regulator tersebut. dalam keadaan hidup tunggu dulu beberapa menit agar tahu kalau ada kerusakan komponen yang lain. Kalau sobat di rasa cukup silahkan sobat lakukan pemasangan kembali ke casing laptop tersebut, dan akhirnya selamat ada dah berhasil melakukan langkah - langkah di atas.

Terimakasih sobat telah mengetahui cara mengatasi laptop hidup sebentar mati lagi. Kalau mungkin ada kerusakan yang sama dan terjadi bukan pada bagian regulator akan saya posting di sini. Trimakasih atas kunjung sobat semua di blog saya ini.